Loading...

Kamis, 24 Juni 2010

TINGKILAN MUSIK TRADISIONAL YANG HAMPIR PUNAH


Musik Tingkilan adalah sebuah musik tradisi yang dimiliki masyarakat suku Kutai. Pada saat ini musik Tingkilan mempunyai dua fungsi yang pertama sebagai seni tradisi masyarakat (art by destination) dan seni yang ditujukan untuk wisatawan (tourist art) atau yang biasa disebut sebagai kemasan seni wisata. Kemajuan
jaman yang menginginkan sesuatu yang baru, canggih dan tidak ketinggalan jaman sehingga membawa pengaruh terhadap musik Tingkilan yang menyebabkan perubahan bentuk musik Tingkilan dari produk lama menjadi musik Tingkilan produk baru.

Bentuk penyajian kedua musik ini berbeda, letak perbedaan adalah terdapat pada bentuk musik, lagu dan alat. Untuk bentuk musik produk lama mempunyai bentuk yang sederhana selain itu juga alat yang digunakannya pun tidak sebanyak pada musik Tingkilan produk baru sehingga musik yang dihasilkan sederhana dan terkesan monoton. Berbeda dengan musik Tingkilan produk baru yang telah diaransemen ulang sehingga mempunyai kemasan yang lebih menarik dan variatif. Sejauh ini perubahan musik Tingkilan dari produk lama ke produk baru tidak mendapat respon yang buruk dari masyarakat Kutai melainkan sebaliknya mereka malah mendukung dengan adanya perubahan itu.

Incoming search terms for the article:

Tags: ,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar